wirania swasty

Event Marketing

Salah satu cara dalam menyampaikan pesan sebuah brand adalah mengajak pelanggan/ pelanggan potensial untuk terlibat dalam sebuah kegiatan yang diselenggarakan pemegang merek. Ide tentang brand activation ini meluncurkan event marketing. Gagasan tentang brand activation ini kemudian yang melahirkan gagasan tentang pentingnya event marketing. Sebagai alternatif dari promosi tradisional seperti periklanan dan publisitas, event marketing kini berperan penting dalam komunikasi pemasaran. Saat ini, lebih dari 96 persen dari perusahaan-perusahaan di AS memasukkan marketing event dalam strategi promosi mereka. Event marketing merupakan pilihan lain dari promosi tradisional.

Idenya adalah untuk tidak menjual sesuatu, tetapi untuk menunjukkan bagaimana sebuah merek dapat memperkaya kehidupan pelanggan. Yang dimaksud memperkaya kehiduan pelanggan di sini adalah bahwa event marketing harus memiliki pengaruh (impact) serta memberikan kesan mendalam kepada pelanggan/ pelanggan potensial yang hadir sehingga mereka cukup lama mengingat pengalaman yang menyenangkan dan santai tersebut.

Ada beberapa definisi yang menjabarkan mengenai Event Marketing: Merupakan peristiwa promosi yang dirancang untuk menarik dan melibatkan target audience sebuah merek (Duncan, 2004). Definisi lain menyebutkan sponsorship acara atau kegiatan yang berkaitan dengan olahraga, seni, hiburan, atau kegiatan sosial. (Keller, 2013). Menurut data, 68% event berupa acara olah raga. Sisanya ada acara tur, hiburan kesenian, festival, dan sebagainya. Contoh event yang pernah diselenggarakan oleh merek antara lain A Mild Soundrenaline , Clear Metamorphoself, Pro-Liga Voli Sampoerna Hijau, Hexos Kompetisi basket 3 on 3, Anline jalan sehat, Mizone Sportember dan sebagainya.
Menurut Keller (2013), event sponsorship ini menyediakan berbagai jenis pilihan komunikasi bagi pemasar. Dengan menjadi bagian dari momen khusus dan pribadi yang relevan dalam kehidupan konsumen, sponsor dapat memperluas dan memperdalam hubungan mereka dengan target pasar mereka. Pemasar melaporkan sejumlah alasan mengapa mereka mensponsori acara antara lain:
• mengidentifikasi target pasar tertentu
• meningkatkan kesadaran terhadap perusahaan atau merek
• membuat atau memperkuat persepsi konsumen dari asosiasi citra merek
• menciptakan pengalaman yang membangkitkan perasaan
• mengungkapkan komitmen kepada masyarakat termasuk mengangkat isu-isu sosial
• menghibur konsumen
• peluang promosi

booth mataharimalldotcom

Event marketing ini pada intinya mengumpulkan target audience dalam waktu tertentu di suatu tempat. Kegiatan ada yang diadakan seharian dari pagi hingga sore, ada pula yang dilakukan serentak di beberapa tempat/ kota. Ada pula yang diadakan dari kota ke kota, yang dinamakan roadshow. Dengan menyuguhkan pengalaman menarik dan menyenangkan sehingga diharapkan terbangun ikatan emosional dan interaksi konsumen dan merek.

gate mataharimalldotcom

music performance mataharimalldotcom

Menurut survey yang dilakukan Divisi Riset PPM Manajemen bulan Mei 2008, 95% perusahaan melakukan event marketing sebagai salah satu alat promosi. Hal tersebut dilakukan karena terbukti meningkatkn awareness terhadap merek mereka. Bagi perusahaan pemegang merek, event marketing memiliki peranan melibatkan pelanggan, membangun brand, membangkitkan emosi dan menciptakan loyalitas. Menurut survey, fungsi event marketing adalah untuk memperkenalkan produk di samping meningkatkan loyalitas pelanggan. Dan factor penentu keberhasilan sebuah event marketing adalah KONSEP. Tanpa konsep, perusahaan tidak dapat meraih tujuan komunikasi dan promosi yang ingin dicapai. Penentuan konsep ini perlu memperhatikan juga isu-isu sosial yang sedang berkembang di masyarakat. Selain tema, penentu keberhasilan lainnya adalah komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan perusahaan. Yang terakhir, adalah bagaimana mengetahui keberhasilan sebuah event marketing? Tentu saja selain dari jumlah pengunjung yang datang ke acara tersebut serta banyaknya transaksi yang terjadi, keberhasilan acara dapat diukur dari kepuasan pelanggan dan awareness terhadap produk/ merek tersebut.

Mandiri Focal Point

Event music dan bazaar ini diselenggarakan oleh mahasiswa SBM-ITB bertempat di Bumi Sangkuriang Bandung. Acara yang dinamakan Focal Point itu disponsori salah satunya oleh Bank Mandiri. Dalam event ini, Bank Mandiri memperkenalkan produk e-Money. Bank Mandiri membagikan kartu e-Money kepada pengunjung secara gratis. Dengan demikian, Bank Mandiri tidak hanya sebagai sponsor pada event tersebut namun juga melakukan brand activation. Lewat event Focal Point, Bank Mandiri ingin menciptakan pengalaman merek bagi pelanggan dan calon pelanggan yang hadir dalam acara tersebut. Pengunjung dapat secara langsung menggunakan e-money dalam melakukan transaksi pada event tersebut.

 

Ninjago Arjitzu Mini Roadshow

NINJAGO AIRJITZU Mini Road Show merupakan sebuah event yang diadakan oleh Lego di Trans Studio Mall Bandung pada tanggal 18-27 September 2015 yang lalu. Event ini bertujuan untuk memperkenalkan produk terbaru NINJAGO AIRJITZU kepada konsumen. Ada beberapa item yang dijual dengan discount 20%. Pada acara ini Lego tidak hanya menjual produk dari Ninjago Airjitzu saja, tetapi juga ada perlombaan (Ninjago Shoot contest) yang bisa diikuti anak-anak. Lego pun menyediakan area bermain sehingga anak-anak dapat mencoba produk LEGO itu sendiri. Mini Roadshow ini dapat membantu terciptanya interaksi antara merek dengan konsumen terutama anak anak.

 

Ninjago Shoot Contest


Pustaka:
Duncan, Tom. 2004. Principles of Advertising & IMC . Mcgraw-Hill
Keller, Kevin Lane. 2013. Strategic Brand Management 4th Global Ed. Boston: Pearson
PPM Manajemen, 2008. Event Marketing That Sell (laporan survey). Jakarta: PPM Manajemen

%d bloggers like this: