Inovasi Model Bisnis untuk UKM


Berbekal dari beberapa pengalaman membina Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di kota Bandung dan Cimahi; dipadukan dengan teori yang diperdalam ketika menyusun thesis mengenai pengembangan bisnis model, tersusunlah sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal the Winners yang diterbitkan Universitas Bina Nusantara (BINUS).

Pada intinya, UKM di Indonesia memiliki permasalahan yang sama yaitu dalam hal permodalan, produksi dan branding.  Dengan dilakukan mapping yang dituangkan ke dalam Business Model Canvas, penulis mengusulkan beberapa hal yang sekiranya dapat diterapkan oleh pelaku UKM pada setiap 9 building blocks dalam kanvas tersebut.

Ya, Business Model Canvas yang digagas Osterwalder & Pigneur (2010) ini memang membuat strategi lebih fokus dan terukur. Inovasi bisnis model diharapkan dapat meningkatkan kinerja UKM. Studi menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan pendampingan pada empat UKM di Desa Babakan Penghulu– Kecamatan Cinambo, Bandung. Makalah ini bertujuan untuk mengungkapkan inovasi model bisnis bagi UKM terutama industri busana dan garmen.

 

Untuk artikel lengkap, silakan unduh DI SINI.

 

Sitasi (Harvard Style):

Swasty, W., 2015. Business Model Innovation for Small Medium Enterprises. The Winners, 16(2), hh 85-95.

 

Sitasi (APA Style):

Swasty, W. (2015). Business Model Innovation for Small Medium Enterprises. The Winners, 16(2), 85-95.

 


Leave a Reply