wirania swasty

Komunikasi Pemasaran Terpadu

Integrated Marketing Communication, disingkat IMC merupakan suatu konsep pemasaran terpadu. Apa yang dimaksud dengan IMC itu? “Sebuah konsep dimana suatu perusahaan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan berkenaan dengan perusahaan dan produknya.” (Kotler dan Amstrong, 2005). Definisi lain mendefinisikan IMC sebagai “Konsep sederhana yang menyatukan semua bentuk dari komunikasi menjadi satu kesatuan solusi. Pada intinya IMC mengintegrasikan semua alat-alat promosi sehingga alat-alat tersebut dapat bekerja bersama-sama secara harmonis.” (Paul Smith, 1996).
Lalu, apa peran IMC itu?
Pertama, IMC berfungsi sebagai sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen (secara langsung dan tidak langsung) tentang produk dan merek yang dijual. (Kotler & Keller. 2012). Peran lainnya adalah untuk mengkoordinasi dan memadukan semua alat dan saluran komunikasi ke dalam program efektif yang memaksimalkan dampak pada pelanggan dan pengguna akhir dengan biaya yang minimal (Clow & Baack, 2010)

 

Menurut Kottler dan Keller (2012), IMC memiliki delapan model komunikasi utama, yakni:
1. Iklan
2. Promosi Penjualan
3. Acara dan Pengalaman
4. Hubungan Masyarakat dan Publisitas
5. Pemasaran Langsung
6. Pemasaran Interaktif
7. Pemasaran Word of Mouth
8. Penjualan Personal
Dapatkah kalian sebutkan contohnya satu per satu? Menurut kalian, manakah saluran komunikasi yang paling efektif? Ternyata efektif tidaknya komunikasi bukan tergantung dari satu faktor namun ada beberapa factor yang mempengaruhi. Lalu bagaimana mengembangkan komunikasi yang efektif? Langkah-langkahnya antara lain:

  1. Mengidentifikasi pemirsa sasaran, apakah itu pembeli saat ini, pembeli potensial, pengambil keputusan dan seseorang yang dapat memberikan pengaruh.
  2. Menentukan tujuan
  3. Merancang komunikasi
  4. Memilih saluran komunikasi, dilihat juga dari jenis produknya, tahapan kesiapan pembelian, maupun tahapan daur hidup produk yang bersangkutan.
  5. Menetapkan anggaran, apakah berdasarkan Metode terjangkau, Metode persentase penjualan, Metode paritas kompetitif maupun Metode tujuan dan tugas
  6. Memutuskan bauran media
  7. Mengukur hasil
  8. Mengelola komunikasi pemasaran terpadu

 

 

Diskusi

Perhatikan video ini. Apa saja komunikasi pemasaran yang dilakukan merek Colgate ini?

One thought on “Komunikasi Pemasaran Terpadu

Leave a Reply

%d bloggers like this: