wirania swasty

Promosi | Marketing Mix

Promosi merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan suatu program pemasaran. pada hakikatnya, promosi dalam bauran pemasaran 4P ini merupakan bentuk komunikasi pemasaran terpadu (silakan pelajari artikel tersebut & jawab diskusi yang ada). Menurut Tjiptono (1997), komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, membujuk atau mempengaruhi serta mengingatkan target audiences terhadap produk atau jasa sehingga mereka bersedia membeli produk/ jasa yang ditawarkan tersebut. Proses komunikasi dijelaskan secara garis besar dalam gambar berikut ini.

 

Proses komunikasi

Proses komunikasi (sumber: Kotler & Armstrong, 2012)

 

Sender (pengirim) adalah yang komunikator atau yang menyampaikan pesan sedangkan receiver (penerima) adalah komunikan pesan. Dalam hal ini, sender adalah perusahaan atau produsen sementara receiver adalah khalayak umum bisa perorangan dan masyarakat dalam pasar konsumen atau organisasi dalam pasar bisnis. Masyarakat umum di sini dapat berperan sebagai pembeli, pengguna, pemberi keputusan atau yang memiliki pengaruh. Materi komunikasi terdiri dari gagasan pokok yang ingin disampaikan, pesan, media, response (reaksi pemahaman atas pesan yang diterima, feed back berupa umpan balik dari respon yang dikirim penerima, serta gangguan yang menghambat kelancaran proses komunikasi. Proses komunikasi (penyampaian pesan dari pengirim ke penerima maupun pengiriman respon dari penerima ke pengirim) memiliki dua kegiatan yaitu decoding dan encoding. Encoding merupakan proses merancang gagasan menjadi pesan untuk disampaikan sementara decoding adalah proses menguraikan pesan agar dapat dipahami.

Menurut Kottler dan Keller (2012), komunikasi pemasaran memiliki delapan model komunikasi utama, yakni:
1. Iklan (advertising)
2. Promosi Penjualan (sales promotion)
3. Acara dan Pengalaman (event)
4. Hubungan Masyarakat dan Publisitas (public relation)
5. Pemasaran Langsung (direct marketing)
6. Pemasaran Interaktif (interactive marketing)
7. Pemasaran Word of Mouth
8. Penjualan Personal (personal selling)

Untuk pasar konsumen, iklan dan promosi penjualan adalah bentuk komunikasi yang relatif penting sementara pada pasar bisnis, bentuk komunikasi yang efektif adalah melalui penjualan personal dan promosi penjualan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: