Fungsi Manajemen


Nickels, McHugh and McHugh (1997) mendefinisikan manajemen sebagai sSebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya untuk itu terdapat empat fungsi utama manajemen yaitu perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pengarahan (Leading/ Actuating), dan pengendalian (Controlling).

POLC

(sumber gambar: Sule, E. T., and Saefullah, K. 2010)

Semakin besar suatu organisasi bisnis, maka dibutuhkan beberapa Fungsi Operasional dalam Manajemen diantaranya:
• Manajemen Sumber Daya Manusia  memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang dijalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipertahankan dan tetap bekerja daam organisasi tersebut dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan bahkan bertambah
• Manajemen Pemasaran  mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dan bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan
• Manajemen Operasi/Produksi  menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi
• Manajemen Keuangan  memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit dengan merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan
• Manajemen Informasi  memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang dengan menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat

Ada beberapa tingkatan manajer beserta tanggung jawabnya masing-masing sebagaimana dikutip dari Jones & George (2008) antara lain:
• Kepala Eksekutif (CEO)
o Manajer paling senior dan penting perusahaan
• Manajer puncak
o Bertanggung jawab atas kinerja semua departemen dan memiliki tanggung jawab lintas departemen.
o Menetapkan tujuan organisasi dan memantau manajer menengah
o bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi
• Manajer menengah
o Mengawasi manajer lini pertama yang bertanggung jawab untuk menemukan cara terbaik untuk mengatur SDM dan lainnya untuk mencapai tujuan organisasi
• Manajer lini pertama
o Bertanggung jawab untuk pengawasan sehari-hari karyawan non-manajerial yang melakukan banyak kegiatan khusus yang diperlukan untuk memproduksi barang dan jasa

Jadi, apa saja peran manajer? Tentunya dengan mengngat definisi manajemen, maka seorang manager memiliki peran diantaranya:
• Bertanggungjawab secara langsung untuk memastikan kegiatan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi
• Memastikan tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien melalui serangkaian kegiatan manajemen secara fungsional maupun operasional (Sule & Saefullah, 2010)

Untuk itu seorang manajer dituntut untuk memiliki keahlian yang dikategorikan sbb:
• Keterampilan Konseptual
o Kemampuan untuk menganalisis dan mendiagnosis situasi dan membedakan antara sebab dan akibat.
• Keterampilan Manusia
o Kemampuan untuk memahami, mengubah, memimpin, dan mengendalikan perilaku individu dan kelompok.
• Keterampilan Teknis
o Keterampilan kerja spesifik yang dibutuhkan untuk melakukan jenis pekerjaan tertentu atau pekerjaan pada tingkat tinggi.
Manajer lini pertama lebih banyak membutuhkan keahlian dalam hal keterampilan teknis karena mereka berhadapan dengan aktivitas dan operasional perusahaan sehari-hari. Sementara manager puncak lebih membutuhkan keterampilan konseptual untuk memikirkan ke mana perusahaan ingin dibawa.
Selain keterampilan di atas, dapatkan kalian sebutkan keahian manajer lainnya yang diperlukan oleh seseorang dalam memimpin suatu organisasi?
Leave a comment yaa..

Read More:
Jones, G. R. and George, J. M. 2013. Essentials of Contemporary Management-fifth ed. McGraw-Hill.
Sule, E. T., and Saefullah, K. 2010. Pengantar Manajemen- Edisi Pertama. Jakakta: Prenada Media Group


Leave a Reply