wirania swasty

Museum Visit

Directory Sign Museum Bank Indonesia

Sign menjadi solusi yang jelas untuk membantu orang memecahkan masalah salah satunya dalam menemukan jalan pada bangunan yang kompleks dan sering terjadi kepanikan di dalamnya seperti bandara, rumah sakit, dan sebagainya. Signage dan environmental graphic yang dirancang dengan baik tidak hanya memenuhi fungsi komunikasi menginformasikan, mengarahkan, dan mengidentifikasi tetapi juga dapat meningkatkan estetika dan kualitas psikologis dari lingkungan (Calori, 2007:9). Signage dan wayfinding merupakan fasilitas yang juga dibutuhkan untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan ketertarikan terhadap sebuah fasilitas. Keberadaan signage membantu pengunjung untuk menemukan arah dan tujuan yang diinginkan di dalam suatu area lebih cepat dan mudah. Signage yang lengkap dapat membantu mereka mengidentifikasi bagian mana dari museum yang sesuai dan menarik bagi mereka.

Fenomena yang terjadi saat ini dalam pembelajaran adalah kurangnya observasi langsung. Mahasiswa lebih mengandalkan informasi yang ada di internet dan malas bepergian. Padahal untuk mempelajari desain terutama EGD, tak cukup visual dengan melihat gambar, namun sebaiknya mahasiswa yang bersangkutan dapat memegang material, mendalami bentuk tiga dimensi, system pemasangan dan sebagainya. Di sisi lain, informasi mengenai desain signage dan EGD pun dirasa sulit dan jarang ditemukan di internet. Informasi yang dapat diakses di internet kebanyakan berupa alamat, jam operasional, profil singkat serta data produk/ layanan. Untuk itu, dibutuhkan observasi lapangan dengan mengunjungi dua tempat yang memiliki desgin signage yang layak dijadikan acuan dalam perkuliahan EGD.

Kegiatan kunjungan museum ini  dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Oktober 2017. Peserta kegiatan kunjungan museum ini sebanyak 75 mahasiswa aktif angkatan 2012-2015 yang mengambil mata kuliah pilihan GDH3R3  Environmental Graphic Design (EGD) di Fakultas Industri Kreatif – Telkom University.

Maksud diadakannya kunjungan museum dan ruang publik lainnya untuk menunjang mata kuliah EGD adalah

  1. Mempelajari secara nyata signage dan environmental graphic design pada salah satu fasilitas umum yakni museum; dimana museum merupakan salah satu fasilitas umum yang dapat dijadikan sebagai wadah edukasi.
  2. Menganalisis desain signage dari segi material, system, penempatan, ketinggian dan sebagainya yang tak didapat dari sekedar membaca buku teks ataupun menjelajah internet.
  3. Menambah wawasan kreatif dan pembelajaran bagi mahasiswa mengenai signage dan environmental graphic design

Adapun tujuan diadakannya kunjungan museum dan ruang publik lainnya ini adalah membuka wawasan mengenai signage dan environmental graphic design pada salah satu fasilitas umum yakni museum dan ruang terbuka, serta sebagai benchmark atau studi banding proyek sejenis yang dapat juga dijadikan data dalam perancangan tugas matakuliah EGD.

Museum Bank Indonesia yang berlokasi di Jl. Pintu Besar Utara No. 3. Jakarta Barat – Indonesia. Lokasi museum tersebut dekat dengan kota tua yang mana terdapat banyak museum lain di sana seperti Museum Wayang, Museum Sejarah Jakarta, Museum Bank Mandiri, dan lain-lain. Setelah observasi di Museum Bank Indonesia, peserta dibebaskan mengeksplorasi Kota Tua dan museum-museum lainnya yang berada di area tersebut..

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan konsep kreatif dalam merancang tugas perkuliahan EGD ini semakin berkembang.

Leave a Reply

%d bloggers like this: