Perumusan Strategi Jangka Panjang


Strategi tingkat korporat

Menentukan tindakan yang dibutuhkan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dengan memilih dan mengelola sekelompok bisnis yang berbeda yang bersaing di pasar produk yang berbeda. Diharapkan bisa membantu perusahaan memperoleh hasil di atas rata-rata.

Tiga Strategi direksional korporat:

  • Strategi pertumbuhan memperluas aktivitas perusahaan.
    • pertumbuhan vertikal/ integrasi: memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan kontrol atas distributor, pemasok, dan pesaing
  • Integrasi ke depan (forward integrationmendapatkan kepemilikan atau peningkatan kontrol atas distributor atau pengecer
  • integrasi ke belakang (backward integration) mencari kepemilikan atau peningkatan kontrol pemasok
  • Integrasi horisontal mencari kepemilikan atau meningkatkan kontrol atas pesaing.
    • Pertumbuhan horisontal: Perusahaan dapat tumbuh secara internal dengan memperluas operasinya baik secara global maupun domestik, atau dapat tumbuh secara eksternal melalui merger, akuisisi, dan aliansi strategis.
  • MERGER: Dua perusahaan seimbang membentuk satu perusahaan
  • AKUISISI: Perusahaan yang lebih besar membeli (mengakuisisi) perusahaan yang lebih kecil
  • TAKEOVER (pengambilalihan)Merger/ akuisisi yang tidak diinginkan oleh kedua pihak
  • Beberapa alasan melakukan Merger/ akuisisi:untuk memberikan pemanfaatan kapasitas yang lebih baik, untuk memanfaatkan tenaga penjualan yang ada dengan lebih baik, mengurangi staff managerial, mendaoatkan skala ekonomis, mendapatkan akses ke pemasok/ distributor/ pelanggan baru, mendapatkan teknologi baru, mengurangi kewajiban pajak

Adapun merger dan akuisisi seringkali gagal dikarenakan beberapa hal di antaranya kesulitan integrasi, hutang yang besar, terlalu banyak diversifikasi, kesulitasn memadukan kebudayaan organisasi, tidak mampu meraih sinergi, dan sebagainya.

  • Strategi stabilitas tidak mengubah aktivitas perusahaan saat ini.
  • Strategi penghematan (retrenchment) mengurangi tingkat aktivitas perusahaan. Salah satunya strategi turnaround yang menekankan pada peningkatan efisiensi operasional dan mungkin paling tepat bila masalah perusahaan merajalela namun belum kritis.

 

Intensive Strategies

  • Intensive strategies: membutuhkan usaha intensif jika posisi kompetitif perusahaan dengan produk yang ada akan meningkat.
    1. Penetrasi pasar
      • pertumbuhan perusahaan dengan meningkatkan penjualan produk saat ini untuk segmen pasar saat ini tanpa mengubah produk.
      • Meningkatkan market share melalui marketing efforts
      • Meningkatkan PSG, pengeluarag iklan, promosi penjualan dan publisitas
      • Efektif dilakukan jika pasar belum jenuh terhadap produk, penggunaan dapat ditingkatkan, market share pesain menurun sementara penjualan industri keseluruhan meningkat
    1. pengembangan pasar
      • pertumbuhan perusahaan dengan mengidentifikasi dan mengembangkan segmen pasar baru (area geografis baru) untuk produk perusahaan saat ini.
      • Efektif dilakukan jika distribusi chanel baru tersedia, ada pasar yang belum terjangkau ( untapped market), memiliki kapasitas produksi berlebih
    2. Pengembangan produk
      • pertumbuhan perusahaan dengan menawarkan produk dimodifikasi atau baru untuk segmen pasar yand ada saat ini.
      • Efektif dilakukan jika pesaing menawarkan produk yang lebih baik dengan harga sebanding; bersaing di industi pertumbuhan tinggi & ditandai dengan perkembangan teknologi yang pesat; perusahaan memiliki kemampuan R&D
    3. Diversifikasi
      • pertumbuhan perusahaan melalui memulai atau mengakuisisi bisnis di luar produk perusahaan saat ini dan pasar.
  1. Tingkat Rendah
  • Strategi Bisnis Tunggal: Strategi tingkat perusahaan di mana perusahaan menghasilkan 95% atau lebih dari pendapatan penjualannya dari area bisnis utamanya
  • Strategi Diversifikasi Bisnis yang Dominan: Strategi tingkat korporat dimana perusahaan menghasilkan 70-95% dari total pendapatan penjualan dalam satu wilayah bisnis
  1. Sedang sampai Tingkat Tinggi
  • Strategi Diversifikasi yang Dibatasi Terkait: Kurang dari 70% pendapatan berasal dari bisnis yang dominan. Tautan langsung (yaitu, berbagi produk, teknologi dan keterkaitan distribusi) antara bisnis perusahaan
  • Strategi Diversifikasi Terkait Terkait (Campuran terkait dan tidak terkait): Kurang dari 70% pendapatan berasal dari bisnis yang dominan. Campuran: Perusahaan yang terhubung berbagi lebih sedikit sumber daya dan aset di antara bisnis mereka (dibandingkan dengan batasan terkait, di atas), berkonsentrasi pada transfer pengetahuan dan kompetensi di antara bisnis
  1. Tingkat Sangat Tinggi: Tidak Berhubungan
  • konglomerat: Kurang dari 70% pendapatan berasal dari bisnis yang dominan. Tidak ada hubungan antar bisnis.

 

Strategi tingkat bisnis

Komitmen dan tindakan terpadu dan terkoordinasi yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dengan memanfaatkan kompetensi inti di pasar produk tertentu.

Menciptakan perbedaan antara posisi perusahaan dengan kompetitornya.

Dua jenis keunggulan kompetitif

○Biaya (apakah kita lebih rendah dari yang lain?)

○Keunikan (Apakah kita BERBEDA? Bagaimana?)

Dua jenis ‘ruang lingkup persaingan’

○Target luas

○Target sempit

 

 

 

Cost Leadership

Kumpulan tindakan terpadu yang dirancang untuk menghasilkan atau mengirimkan barang atau layanan dengan fitur yang dapat diterima oleh pelanggan dengan biaya terendah, relatif terhadap pesaing

Diferensiasi

Kumpulan tindakan terpadu yang dirancang oleh perusahaan untuk memproduksi atau mengirimkan barang atau jasa dengan biaya yang dapat diterima yang dirasakan oleh pelanggan berbeda dengan cara yang penting bagi mereka.

Fokus

Secara umum, kompetensi inti perusahaan digunakan untuk melayani kebutuhan segmen industri tertentu atau ceruk. Fokus di sini bisa berupa fokus terhadap kelompok pembeli, segmen produk, maupun pasar geografis.

 

Daftar Bacaan

David, Fred.R.2011. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases. Prentice Hill

Hitt, M.A., Ireland, R.D., & Hoskisson, R.E. 2011. Strategic Management: Competitiveness & Globalization 9e. Manosn: Cengage Learning

Wheelen, T.L. and Hunger, J.D. 2012. Strategic Management & Business Policy: Toward Global Sustainability. 13th ed.  Boston: Pearson


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *