wirania swasty

Lingkungan Makro

Lingkungan pemasaran terdiri dari semua pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan transaksi bisnis secara efektif dengan pasar sasarannya. Perusahaan yang sukses biasanya mampu mengenali dan tanggap akan kebutuhan pasar; seperti menawarkan makanan rendah lemak, mobil bertenaga surya, pengobatan herbal, penurun kolesterol dan sebagainya.

Perusahaan terdiri dari pelaku lain yang dekat dengan perusahaan dan bergabung untuk membentuk jaringan pengantar nilai perusahaan atau mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pelanggan. Lingkungan demikian merupakan lingkungan mikro yang mana meliputi lingkungan internal perusahaan—beberapa departemen dan tingkat manajemennya. Lingkungan mikro ini mempengaruhi pengambilan keputusan pemasaran. Sedangkan lingkungan makro terdiri dari kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi keseluruhan lingkungan mikro.

Perusahaan tidak dapat mengendalikan lingkungan makro namun harus dapat memantau enam kekuatan utama yakni demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik-hukum, serta sosial budaya. keenam kekuatan itu terkadang daat saling terkait. Sebagai contoh, ledakan penduduk (demografi) menyebabkan peningkatan kemacetan dan polusi (alam) yang memaksa Pemerintah membuat aturan tertentu  dalam bahan bakar minyak maupun peraturan kepemilikan kendaraan (hukum). Peraturan tersebut kemudian menuntun terciptanya inovasi  Low Cost Green Car (teknologi) yang dapat dijangkau masyarakat menengah (ekonomi) sehingga merubah gaya hidup, sikap dan perilaku masyarakat (sosial-budaya).

Enam kekuatan lingkungan makro (Kotler, 2000)

Enam kekuatan lingkungan makro (Kotler & Armstrong, 2008)

DEMOGRAFI

Kekuatan makro utama yang membentuk pasar adalah populasi termasuk pula distribusi umur, etnis, tingkat pendidikan akhir, pola gaya hidup serta pergeseran populasi secara geografis. Pertumbuhan populasi dunia yang eksplosif memiliki dampak cukup besar bagi dunia bisnis (Kotler, 2000). Sebagai kasus, Pemerintah China membatasi satu keluarga satu anak untuk mengatasi lonjakan penduduk. Hal ini membuat anak China dimanja. Hal inilah yang mendorong perusahaan seperti Bandai dan Lego Group memasuki pasar China.

Kasus lain seputar usia adalah Meksiko dengan populasi muda yang sangat besar dan Jepang dengan populasi dunia paling tua. Dengan demikian, produk dicari di Meksiko kemungkinan adalah popok bayi, susu, mainan dan perlengkapan sekolah. Sementara produk bagi orang dewasa akan lebih banyak dikonsumsi di Jepang.

EKONOMI

Selain orang, daya beli termasuk kekuatan yang perlu diperhatikan. Daya beli tergantung pendapatan, tabungan dan ketersediaan kredit. Pemasar sering membedakan negara menjadi lima pola distribusi pendapatan. Pasar untuk Porsche atau Lamborghini misalnya akan dipasarkan di negara atau kota dengan distribusi pendapatan sebagian besar menengah. Pemasar juga harus mengamati perubahan dalam pendapatan, tingkat suku bunga, tabungan karena faktor tersebut berdampak besar pada bisnis. Untuk melayani kelas menengah yang tumbuh di India, Tata Motors memperkenalkan mobil kecil dan terjangkau; Tata Nano. “Dapatkah Anda bayangkan sebuah mobil dalam jangkauan semua?”  “Sekarang kamu bisa.”

ALAM

Polusi udara dan air merupakan permasalahan lingkungan alam utama sedunia. Pemasar sebaiknya mewaspadai peluang dan ancaman seputar alam seperti kekurangan  bahan baku, peningkatan polusi dan peningkatan biaya energi.

TEKNOLOGI

Pemasar harus mengamati kecenderungan dalam teknologi seperti perubahan teknologi yang cepat, anggaran riset yang beragam, inovasi yang tak terbatas, serta peraturan terhadap perubahan teknologi.

POLITIK-HUKUM

Kekuatan politik dan hukum mempengaruhi keputusan pemasaran. Peraturan tersebut kadang menciptakan peluang baru bagi bisnis. Peraturan perundangan bisnis bertujuan melindungi perusahaan dari persaingan tak sehat, melindungi masyarakat dari perilaku bisnis yang tak terkendali serta melindungi konsumen dari praktek bisnis yang tak sehat.

SOSIAL BUDAYA

Pemasar perlu memahami pandangan terhadap dirinya, sesama, masyarakat, alam sekitar dan semesta dengan memasarkan produk yang berkaitan dengan nilai dasar dan mencari solusi atas kebutuhan sub-kultur yang berbeda dalam suatu masyarakat.

 

Diskusi

Salah satu perubahan di lingkungan demografi adalah  kenaikan tingkat kelahiran. Bagaimana hal tersebut mempengaruhi karakteristik produk atau distribusi produk-produk di bawah ini:

  • Bubur Milna
  • Bisnis Day Care
  • The Gap (Fashion)

 

Referensi:

Kotler, P. 2000. Marketing Management Millenium edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P. & Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran jilid 1 – Edisi 12. Jakarta: Penerbit Erlangga

7 thoughts on “Lingkungan Makro

  1. Regina Tatiana

    Regina Tatiana (1601142182) :

    Bubur Milna : karena angka kelahiran naik maka banyak bayi yang membutuhkan nutrisi sehingga produk bubur milna pun menargetkan pasar yang secara demografis tinggi angka kelahirannya

    Bisnis Daycare : banyak orang tua yang bekerja yang masih mempunyai anak kecil. karena tuntutan, maka para orang tua banyak yang menitipkan anaknya ke jasa daycare. ini menjadi market yang menguntungkan bagi pebisnis daycare

    The GAP : tentu para orang tua wilayah urban mementingkan penampilan dirinya maupun sang buah hati sehingga ini menjadikan pasar bisnis yang menguntungkan

  2. Alifah Hasyyati S (1601144015) md38_b

    Alifah Hasyyati Shabrina (1601144015) MD38_B

    -bubur milna : kenaikan tingkat kelahiran menyebabkan kebutuhan nutrisi anak-anak sangat dibutuhkan. oleh karen itu ,bubur milna akan memproduksi lebih banyak dan hal ini sangat menguntungkan karena pendapatan milna pun semakin bertambah

    -bisnis daycare : bisnis ini pun akan sama berkembang pesatnya seperti bubur milna. berdasarkan peningkatan angka kelahiran ,diperkirakan setiap keluarga mempunyai lebih dari 2 anak. oleh karena itu ,para orang tua membutuhkan bantuan dalam mengurus anak mereka sehingga mereka pasti menitipkan anaknya ke daycare untuk mengurangi beban mereka apalagi jika orangtuanya berkarir

    -the gap : sama halnya seperti milna dan daycare ,produksi gap khususnya untuk kids and baby akan meningkat pesat. pakaian adalah kebutuhan primer sehingga para orang tua pasti ingin memberikan pakaian yg nyaman untuk anak-anaknya

  3. widiputriardiyanti

    Nama : Widi Putri Ardiyanti
    NIM: 1601144085

    Karena adanya kenaikan tingkat kelahiran, maka distribusi produk bubur milna, bisnis day care akan meningkat pula, karena jumlah balita pun meningkat. sedang The Gap (fashion) distribusinya tidak akan meningkat seperti bubur milna dan bisnis day care karena balita belum terlalu membutuhkan fashion.

  4. Fauzi

    Fauzi ali alatas
    1601140103
    Dengan tingkat kelahiran semangkin tinggi maka distribusi ke 3 brand tersebut semakin meningkat karena kebutuhannya bertambah

  5. Riesa Amalia

    1. Bubur Milna : Dengan menurunnya jumlah kelahiran tentu saja itu akan berpengaruh terhadap penjualan dari bubur milna, karena produk ini memiliki konsumen potensial yang memiliki jangka umur tertentu. dan dengan menurunnya jumlah kelahiran mereka akan kehilangan pembeli disaat konsumen potensial mereka bertambah umur dan melewati batas umur yg telah ditetapkan.

    2. Bisnis Day : sama halnya dengan bubur milna yang memiliki rentang umur tertentu disaat konsumen tersebut bertumbuh dan sudh keluar dri rentang waktu yang telah ditetapkan makan mereka akan mencari konsumen baru denganmenurunnya jumlah kelahrian tentunya akan berkurng jumlah penjualan mereka

    3. GAP : karena produk ini sangat luas dan menyediakan pula baju anak-anak makan tentu saja penurunan kelaharian akan menimbulkan penurunan penjualan

    Riesa Amalia 1601144431 MD38D

  6. Maulana Iberahim

    1. Bubur Milna
    meningkatnya kenaikan kelahiran, maka semakin meningkat juga peluang bisnis bubur milna. Juga karena bertambahnya juga keinginan konsumen, hal ini membuat bubur milna terus berinovasi seperti membuat varian bubur yang di kelompokkan berdasarkan umur-umur bayi atau anak-anak.

    2. Bisnis Day Care
    hal ini juga merupakan hal yang bagus, jika kondisi angka kelahiran terus meningkat. Apalagi banyaknya wanita muda yang bekerja sejak bayi masih beberapa bulan, hal ini merupakan tanggapan dan pertimbangan yang baik menjadikan tempat kedua untuk si bayi dan balita bagi wanita muda berkarir.

    3. The Gap (Fashion)
    Tentunya akan meningkatkan permintaan pasar, terutama pada kategori anak-anak serta membuat perusahaan terus melakukan inovasi pada pakaian anak-anak. Dan juga membuat The Gap menjalankan bisnis di segmen usaha pakaian anak-anak.

  7. yayang diyen amelia

    tingkat kelahiran suatu daerah tentu dapat mempengaruhi banyak hal yang dapat berimbas pula kepada hal hal lainnya, diantaranya jika terjadi kenaikan angka kelahiran akan berdampak kepada beberapa sektor dalam produk misalnya seperti pada bubur milna, mengapa pada bubur milna, karena otomatis pangsa pasar bubur milna merupakan para anak anak kecil yang sudah pasti akan mengkonsumsi produk makanan bayi tersebut karena kita tahu, tidak akan ada yang mengkonsumsi makanan bayi selain bayi, maka jika terjadi kenaikan angka kelahiran tentu akan mempengaruhi perusahaan produk milna mengalami keuntungan karena berarti d\secara langsung, mereka dapat memperluas target marketing target pasar mereka, begitu juga pada bisnis day care yang mana kita tahu, bisnis day care berhubungan dengan anak anak karena bisnis day care yang berati akan mengurusi dan menjaga anak anak otomatis jika angka kelahirasn naik berarti kesempatan bisnis day care pun semakin memiliki calon target pasar yang lebih luas lagi.kemudian the gap dalam indstri fashion pun akan mendapatkan hal serupa karna dengan bertambah nya populasi anak anak or\tomatis mereka membutuhkan kebutuhan sandang yang juga membutuhkan variatif, disini the gap akan melihat hal tersebut sebagai peluang untuk memperluas pangsa pasar yang akan mereka jajaki.

Leave a Reply

%d bloggers like this: