wirania swasty

Segmentasi Pasar Konsumen

“Jangan membeli pangsa pasar. Pikirkan bagaimana mendapatkannya” – Kotler, 2000

Perusahaan tahu bahwa mereka tidak dapat melayani semua pembeli di pasar mereka, atau setidaknya tidak kepada semua pembeli dengan cara yang sama.Di sisi lain, pembeli juga banyak, tersebar luas, dan mempunyai kebutuhan dan cara pembelian yang sangat beragam. Oleh karena itu diperlukanlah pemasaran sasaran, di mana pemasar mengidentifikasi dan membedakan segmen pasar utama. Setelah itu pemasar mengevaluasi masing-masing segmen pasar dan membidik suatu segmen serta membuat diferensiasi dan menetapkan positioning produknya.

Segmentasi adalah tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli berbeda dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran terpisah (Kotler & Armstrong, 2008). Berikut adalah variabel segmentasi utama untuk pasar konsumen sebagaimana dikutip dari Kotler (2000).

 

GEOGRAFIS
Wilayah Negara, Pulau, Provinsi, Kota
Ukuran Kota Di bawah 5.000 km2, 5.000-20.000 km2, dst
Kepadatan Perkotaan (urban), pinggiran kota (sub-urban), pedesaan (rural)
Iklim Tropis, sub-tropis
DEMOGRAFIS
Usia 0-4, 5-9, 10-14, 15-19, 20-24, 25-29, 30-34, 35-39, 40-54, 55+
Ukuran keluarga 1-2, 3-4, 5+
Siklus hidup keluarga Muda, lajang; muda, menikah, tidak punya anak; tua, menikah, punya anak; dst
Jenis kelamin Pria, wanita
Penghasilan Di bawah Rp700.000; Rp1.000.000-1.500.000, di atas Rp3.000.000, dst
Pekerjaan Pejabat, pemilik perusahaan, pensiunan, profesi lainnya
Pendidikan SMA, S1, S2, S3
Agama Islam, Katholik, Protestan, Hindu, Budha, dll
Ras Asia, putih, hitam
Generasi Baby boomers, Gen X, Gen Y, Gen Z
Kewarganegaraan WNI, WNA
Kelas sosial Atas atas, atas bawah, menengah atas, menengah, pekerja, bawah atas, bawah bawah;

SES A, SES B, SES C1, SES C2, SES, D, SES E

PSIKOGRAFIS
Gaya hidup Konvensional, santai, instant, mewah
Kepribadian Ambisius, maskulin, tomboy, senang bergaul
PERILAKU (BEHAVIOR)
Kejadian Kejadian biasa, kejadian khusus (hari ibu, Valentine, Lebaran)
Manfaat Kualitas, pelayanan, ekonomis, kecepatan
Status pemakai Bukan pemakai, ex-pemakai, pemakai potensial, pemakai pertama kali, pemakai teratur
Tingkat pemakaian Ringan, sedang, berat
Status kesetiaan Mutlak, terbagi, beralih, gonta-ganti
Kesiapan pembelian Tidak sadar, sadar, mengetahui, tertarik, menginginkan, bermaksud membeli
Sikap terhadap produk Antusias, positif, negatif, benci

 

Diskusi

Usulkanlah cara yang berguna untuk membagi pasar bagi rumah makan yang berlokasi di jalann R.E.Martadinata-Bandung ini:

2012-11-07 21.36.31

Rumah makan yang satu ini menawarkan konsep yang berbeda

 

Referensi

Kotler, P. 2000. Marketing Management Millenium edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P. & Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran jilid 1 – Edisi 12. Jakarta: Penerbit Erlangga

6 thoughts on “Segmentasi Pasar Konsumen

  1. Lailla NR

    Lailla Nur Rohmah
    1601141224
    MD-38-AB

    GEOGRAFIS
    Wilayah: Indonesia, Pulau Jawa, Jawa Barat, Bandung
    Ukuran Kota: 64,74 mi²
    Kepadatan: Perkotaan (urban)
    Iklim: Tropis

    DEMOGRAFIS
    Usia: 15-19, 20-24, 25-29, 30-34, 35-39
    Siklus hidup keluarga: Muda, lajang; muda, menikah, tidak punya anak; tua, menikah, punya anak; dst
    Jenis kelamin: Pria, wanita
    Penghasilan: Rp1.000.000-1.500.000, dan di atas Rp3.000.000
    Pekerjaan: Mahasiswa, orang kantoran
    Pendidikan: SMA, S1, S2, PNS
    Agama: Islam, Katholik, Protestan, Hindu, Budha
    Ras: Asia
    Generasi: Gen X, Gen Y, Gen Z
    Kewarganegaraan: WNI
    Kelas sosial : menengah atas, menengah, pekerja

    PSIKOGRAFIS
    Gaya hidup: santai, instant
    Kepribadian: senang bergaul

    PERILAKU (BEHAVIOR)
    Kejadian: Kejadian biasa
    Manfaat: pelayanan, ekonomis
    Status pemakai:pemakai potensial, pemakai pertama kali, pemakai teratur
    Tingkat pemakaian: sedang
    Status kesetiaan: terbagi
    Kesiapan pembelian: sadar, mengetahui, tertarik, menginginkan, bermaksud membeli
    Sikap terhadap produk: Antusias

    daftar pustaka: http://www.jalanjajanhemat.com/2015/07/warung-misbar-bandung/
    http://nengflora.blogspot.co.id/2013/11/kuliner-bandung-makan-sambil-cekikikan.html

  2. widiputriardiyanti

    Nama: Widi Putri Ardiyanti
    NIM: 1601144085

    GEOGRAFIS
    Wilayah: Indonesia, Pulau Jawa, Jawa Barat, Bandung
    Ukuran Kota: 64,74 mi²
    Kepadatan: Perkotaan (urban)
    Iklim: Tropis

    DEMOGRAFIS
    Usia: 15-19, 20-24, 25-29, 30-34, 35-39
    Siklus hidup keluarga: Muda, lajang; muda, menikah, tidak punya anak; tua, menikah, punya anak; dst
    Jenis kelamin: Pria, wanita
    Penghasilan: Rp1.000.000-1.500.000, dan di atas Rp3.000.000
    Pekerjaan: Mahasiswa, orang kantoran
    Pendidikan: SMA, S1, S2, PNS
    Agama: Islam, Katholik, Protestan, Hindu, Budha
    Ras: Asia
    Generasi: Gen X, Gen Y, Gen Z
    Kewarganegaraan: WNI
    Kelas sosial : menengah atas, menengah, pekerja

    PSIKOGRAFIS
    Gaya hidup: santai, instant
    Kepribadian: senang bergaul

    PERILAKU (BEHAVIOR)
    Kejadian: Kejadian biasa
    Manfaat: pelayanan, ekonomis
    Status pemakai:pemakai potensial, pemakai pertama kali, pemakai teratur
    Tingkat pemakaian: sedang
    Status kesetiaan: terbagi
    Kesiapan pembelian: sadar, mengetahui, tertarik, menginginkan, bermaksud membeli
    Sikap terhadap produk: Antusias

  3. Arya Zulfikar Rohmawan (1601144181)

    Segmentasi Pemasaran Warung MISBAR

    GEOGRAFIS
    -Wilayah: Indonesia, Kota Bandung
    -Ukuran Kota: 5.000-20.000 km2
    -Kepadatan: Perkotaan (urban), pinggiran kota (sub-urban)
    -Iklim: Tropis

    DEMOGRAFIS
    -Usia: 15-19, 20-24, 25-29, 30-34, 35-39, 40-54, 55+
    -Ukuran keluarga: 1-2, 3-4, 5+
    -Siklus hidup keluarga: Muda, lajang; muda, menikah, tidak punya anak; punya anak;
    -Jenis kelamin: Pria, wanita
    -Penghasilan: Rp2.000.000-Rp3.000.000,
    -Pekerjaan: PNS, swasta
    -Pendidikan: SMA, S1, S2, S3
    -Agama: Islam, Katholik, Protestan, Hindu, Budha
    -Ras: Asia, putih, hitam
    -Generasi: Gen X, Gen Y,
    -Kewarganegaraan: WNI, WNA
    -Kelas sosial: atas bawah, menengah atas, menengah, pekerja,

    PSIKOGRAFIS
    -Gaya hidup: Santai, Instan, penyuka film dan kuliner
    -Kepribadian: Hemat

    PERILAKU (BEHAVIOR)
    -Kejadian: Kejadian biasa, Acara Keluarga, Hari libur
    -Manfaat: Ekonomis, Hiburan
    -Status pemakai: Bukan pemakai, ex-pemakai, pemakai potensial, pemakai pertama kali,
    -Tingkat pemakaian: Ringan, sedang
    -Status kesetiaan: beralih, gonta-ganti
    -Kesiapan pembelian: Tertarik, menginginkan,
    -Sikap terhadap produk: positif

  4. Riesa Amalia

    GEOGRAFIS
    Kota Bandung
    Sub Urban
    DEMOGRAFIS
    Usia 0-4, 5-9, 10-14, 15-19, 20-24, 25-29, 30-34, 35-39
    Ukuran keluarga 1-2, 3-4, 5+
    Siklus hidup keluarga Muda, lajang; muda, menikah, tidak punya anak; tua, menikah, punya anak; dst
    Jenis kelamin Pria, wanita
    Penghasilan Di bawah Rp700.000; Rp1.000.000-1.500.000, di atas Rp3.000.000, dst
    Pekerjaan Pejabat, pemilik perusahaan, pensiunan, profesi lainnya
    Pendidikan SMA, S1, S2, S3
    Agama Islam, Katholik, Protestan, Hindu, Budha, dll
    Ras Asia, putih, hitam
    Generasi Gen X, Gen Y, Gen Z
    Kewarganegaraan WNI, WNA
    Kelas sosial Atas atas, atas bawah, menengah atas, menengah, pekerja, bawah atas, bawah bawah;
    SES A, SES B, SES C1, SES C2, SES, D, SES E

    PSIKOGRAFIS
    Gaya hidup Konvensional, santai, instant, mewah
    Kepribadian Ambisius, maskulin, tomboy, senang bergaul
    PERILAKU (BEHAVIOR
    Tingkat pemakaian Ringan, sedang, berat
    Status kesetiaan Mutlak, terbagi, beralih, gonta-ganti
    Kesiapan pembelian Tidak sadar, sadar, mengetahui, tertarik, menginginkan, bermaksud membeli
    Sikap terhadap produk Antusias, positif,

    Riesa Amalia 1601144431 MD38D

  5. Justia Ganang Garnada

    GEOGRAFIS
    Wilayah : Indonesia, Bandung, Jawa Barat
    Ukuran Kota : 167,30km2
    Kepadatan : Urban
    Iklim : Tropis

    DEMOGRAFIS
    Usia : 14 – 55+
    Ukuran keluarga : 5+
    Siklus hidup keluarga : Menikah, Tua, Punya Anak
    Jenis kelamin Pria, wanita
    Penghasilan : Rp1.000.000+
    Pekerjaan : Orang Kantoran
    Pendidikan : SMA – S3
    Agama : Islam, Katholik, Protestan, Hindu, Budha, dll
    Ras : Asia Tenggara
    Generasi Baby boomers, Gen X dan Gen Y
    Kewarganegaraan : WNI
    Kelas sosial : Menengah

    PSIKOGRAFIS
    Gaya hidup : Sederhana, Klasik
    Kepribadian : Senang Bergaul

    PERILAKU (BEHAVIOR)
    Kejadian : Kejadian khusus (Lebaran , Natal dll)
    Manfaat : Kualitas, pelayanan
    Status pemakai : Pemakai Potensial
    Status kesetiaan : Terbagi
    Kesiapan pembelian : Tertarik
    Sikap terhadap produk : Positif

  6. yayang diyen amelia

    GEOGRAFIS
    Kota
    Ukuran Kota Di bawah 5.000 km2
    Kepadatan Perkotaan (urban)
    Iklim Tropis
    DEMOGRAFIS
    Usia 0-4, 5-9, 10-14, 15-19, 20-24, 25-29, 30-34, 35-39, 40-54, 55+
    Ukuran keluarga 1-2, 3-4, 5+
    Siklus hidup keluarga Muda, lajang; muda, menikah, tidak punya anak; tua, menikah, punya anak; dst
    Jenis kelamin Pria, wanita
    Penghasilan Di bawah Rp700.000; Rp1.000.000-1.500.000, di atas Rp3.000.000, dst
    Pekerjaan Pejabat, pemilik perusahaan, pensiunan, profesi lainnya
    Pendidikan SMA, S1, S2, S3
    Agama Islam, Katholik, Protestan, Hindu, Budha, dll
    Ras Asia
    Generasi Gen Z
    Kewarganegaraan WNI
    Kelas sosial menengah, pekerja

    PSIKOGRAFIS
    Gaya hidup santai, instant
    Kepribadian senang bergaul
    PERILAKU (BEHAVIOR)
    Kejadian Kejadian biasa,
    Manfaat Kualitas, pelayanan, ekonomis
    Status pemakai pemakai potensial, pemakai pertama kali, pemakai teratur
    Tingkat pemakaian Ringan
    Status kesetiaan gonta-ganti
    Kesiapan pembelian sadar, mengetahui, tertarik, menginginkan, bermaksud membeli
    Sikap terhadap produk Antusias

Leave a Reply

%d bloggers like this: