wirania swasty

Brand & Branding

Disclaimer: tulisan ini saya COPAS dari buku yang saya tulis sendiri tahun 2016 silam.

Brand

Brand atau merek merupakan sesuatu yang digunakan untuk membedakan produk atau jasa dengan produk atau jasa sejenis dengan fungsi pemenuhan kebutuhan yang sama. Selain pengertiannya, brand juga memiliki kriteria-kriteria yang harus dipenuhi. (Swasty, 2016:32)

Branding

Branding merupakan suatu program yang memfokuskan dan memproyeksikan nilai-nilai merek. Program ini meliputi penciptaan perbedaan antar produk bagi pelanggan dalam proses pengambilan keputusan pembelian serta pemberian nilai-nilai pada perusahaan (Swasty, 2016:18).

Tak hanya produk atau jasa saja yang dibranding, namun dapat berupa organisasi, perorangan, ritel, hingga gagasan (Swasty, 2016:37).

Terdapat beberapa kriteria dalam memilih dan menentukan unsur-unsur merek di antaranya mengesankan, bermakna, menyenangkan, dapat dialihkan, dapat menyesuaikan dan terlindungi (Swasty, 2016:67).

Logo merupakan identitas merek yang mengomunikasikan produk, layanan dan organisasi (Swasty, 2016:67).

Kemasan menjadi alat penting dalam menyampaikan informasi untuk membangun atau memperkuat asosiasi merek. (Swasty, 2016:68).

Prinsip perancangan logo menurut Jacob Cass dalam Swasty (2016:54)., desainer grafis asal Australia, di antaranya:

  • Logo harus mampu mendeskripsikan perusahaan atau produk,
  • Logo harus tetap efektif dan menarik sekalipun dicetak hitam-putih,
  • Simple dan mudah diingat (memorable),
  • Logo masih terbaca dan dapat dikenali dalam ukuran kecil.

Pada intinya logo haruslah sesuatu yang unik namun simple dan fleksibel baik dalam bentuk, warna dan ukuran. Adapun prinsip perancangan logo menurut Andrew Mcnally adalah balance, unity, Rhythm, Proportion, dan Dominance (Swasty, 2016:54-55).

Sumber:

Swasty, W. 2016. Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Buku Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek

Leave a Reply

%d bloggers like this: