Berikut penjabaran singkat dari 9 building blocks yang disarikan dari buku Business Model Generation karangan Alexander Osterwalder & Yves Pigneur.
1. Value Propositions
•Kumpulan produk & jasa yang memberikan nilai tertentu untuk segmen tertentu
•Memecahkan masalah pelanggan atau memenuhi kebutuhan pelanggan
•Bisa kuantitatif dan bisa kualitatif
2. CS (Customer Segments)
•Tiap segmen memiliki: kebutuhan, saluran distribusi, relasi, nilai
•Jenis customer segmen yang berbeda: mass, niche, premium
3. CH (Channels)
saluran Komunikasi
saluran Distribusi
saluran Penjualan
4. CR (Customer Relationships)
•Jenis relasi terhadap satu segmen tertentu
•Faktor yang menentukan:
- Akuisisi pelanggan,
- Mempertahankan pelanggan,
- Meningkatkan penjualan (upselling atau downselling)
contoh:
- Personal Assistance
- Dedicated Personal Assistance
- Self-Service
- Automated Services
- Communities
- Co-Creation
5. Revenue Streams
Pemasukan dari setiap Customer Segment
6. KR (Key Resources)
- Physical
- Intellectual
- Financial
- Human
7. KA (Key Activities)
contoh implementasi dalam industri yang berbeda-beda:
- PRODUKSI: Design, Pembuatan, Delivery
- PROBLEM SOLVING: Knowledge management, Pelatihan
- PLATFORM/NETWORK: Platform management, Service provisioning, Platform promotion
8. KP (Key Partnership)
Jaringan pemasok & partner
Motivasi melakukan partnership: optimasi & economy of scale, mengurangi resiko & ketidakpastian, akuisisi sumberdaya tertentu
contoh: Aliansi strategis, Coopetition, Joint ventures, Buyer-supplier
9. C$ (Cost Structures)
pilihan: cost-driven vs value-driven
- Fixed Cost
- Variable Cost
- Economies of Scale
- Economies of Scope
Referensi:
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers (Vol. 1). John Wiley & Sons.